10 Jenis Makanan Jepang yang Populer di Dunia


Selamat malam sobat blogger! Sang mentari sudah tenggelam dan bersinarlah sang rembulan~ (ciee saya nyanyi ceritanya :v) berhubung waktu sudah masuk ke waktu makan malam alias dinner, saya mau posting nih tentang makanan khas Jepang yang sangat populer di dunia. Makanan ini sangat banyak peminatnya. Selain enak dan lezat ada beberapa makanan yang baik untuk tubuh kita. Misalnya sushi! Kandungan protein dari ikan mentahnya sangat besar karena belum digoreng ataupun dikukus. Nah, langsung saja kita cek 10 Jenis Makanan Jepang yang Populer Di Dunia.




  1. Sushi
    Sushi dibuat dari nasi dengan tambahan makanan laut, telur, dan sayuran segar. Sushi memiliki banyak kelebihan, selain penampilannya yang cantik dan menggugah selera, sushi juga memiliki rasa yang enak dan termasuk makanan yang sehat. Sushi biasanya disantap sebagai menu sarapan pagi, tetapi sushi juga disediakan pada saat ada acara-acara tertentu. Sushi dinikmati dengan wasabi dan kecap asin.
  2. Ramen
    Ramen adalah sebuah mi yang biasa disantap oleh orang Jepang pada waktu makan siang. Ramen juga biasa disebut sebagai 'mi orang Jepang'. Sekarang ramen sudah tersedia dalam bentuk cups atau packs. Untuk rasanya, mi ramen biasa disajikan dalam sajian hangat. Kenapa? Ketika kita memakan mi ramen dalam keadaan panas (baru siap disajikan) rasa pedas dalam bumbu kuah ramen akan semakin terasa pedasnya. Bila kuahnya sudah dingin maka tingkat kepedasannya akan berkurang.
  3. Tempura
    Tempura terbuat dari makanan laut yang dibalut dengan tepung lalu digoreng. Kata "Tempura" sendiri memiliki makna yang artinya "memasak". Sebenarnya, Tempura sudah diperkenalkan pada dunia sejak abad ke-15 oleh Portugis.
  4. Sashimi
    Sashimi hampir sama dengan Sushi. Sebelum ada Sushi, Sashimi-lah yang terlebih dulu ada. Perbedaannya? Sushi terbuat dari ikan mentah dan nasi, sedangkan Sashimi hanya ikan mentahnya saja. Sashimi juga biasa dihidangkan bersama wasabi dan kecap asin.
  5. Onigiri
    Onigiri umumnya terbuat dari nasi yang dikepalkan lalu dibalut nori (lembaran rumput laut). Pada zaman sekarang Onigiri dikreasikan menjadi berbagai bentuk yang lucu untuk menggugah selera makan anak - anak jepang. Onigiri bisa juga diisi dengan udang, mayonnaise, daun bawang, telur ikan terbang (tarako dan mentaiko), dan ume (asaman buah plum).
  6. Mochi
    Mochi terbuat dari tepung beras ketan dan dibentuk bulat - bulat. Mochi juga bisa diisi berbagai varian rasa atau kacang - kacangan seperti Mochi isi kacang merah. Di Jepang, makanan ini sangat populer pada saat malam tahun baru dan hari tahun baru. Dalam perkembangannya Mochi isinya lebih beragam dan bentuknya lebih menarik.
  7. Takoyaki
    Takoyaki yang artinya "gurita panggang". Takoyaki merupakan jenis cemilan khas Jepang yang biasanya populer pada festival di jepang.Takoyaki terbuat dari adonan tepung terigu, diisi dengan gurita, keju dan daun bawang. Setelah matang takoyaki diberi tambahan saus sebagai pelengkap rasa.
  8. Shabu - shabu
    Shabu - shabu disini bukan berarti dalam jenis obat terlarang loh sobat! Tapi Shabu - shabu disini adalah makanan Jepang yang terbuat dari irisan daging yang tipis, jamur, tahu dan sayuran. Daging yang biasa digunakan adalah daging sapi, tapi terkadang menggunakan daging ayam, ikan dan gurita. Shabu - shabu biasa dinikmati dengan saus jepang yang berisi wijen disebut Gomadare.
  9. Sukiyaki
    Sama dengan Shabu - shabu tetapi Sukiyaki biasa disajikan didalam sebuah panci kecil sambil direbus. Irisan daging Sukiyaki disantap dengan mencelupkannya kedalam kocokan telur ayam yang disajikan di mangkuk kecil.
  10. Udon
    Udon merupakan mi khas jepang yang kedua selain Ramen. Mi Udon terbuat dari tepung terigu. Biasanya, Udon disajikan dalam jumlah porsi yang cukup besar. Selain porsinya yang besar, Mi udon juga terlihat tipis - tipis dan kecil. Kini Udon memiliki berbagai macam jenis dari cara memasaknya.

Ditulis Oleh : Unknown ~ WhiteKingdom

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul 10 Jenis Makanan Jepang yang Populer di Dunia yang ditulis oleh The White Kingdom
Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini tanpa seijin Author.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di The White Kingdom

0 komentar:

Post a Comment

Back to top